tag:blogger.com,1999:blog-40729447296211007352024-02-06T21:00:23.156-08:00Rekayasa Perangkat Lunaksumar_iohttp://www.blogger.com/profile/06340897597439086721noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-4072944729621100735.post-81775946081104710712011-06-21T21:32:00.000-07:002011-06-21T22:53:35.606-07:00Sejarah RPL<span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 16px; line-height: 24px;"></span><br />
<h1 class="firstHeading" id="firstHeading" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: initial; background-image: none; background-origin: initial; border-bottom-color: rgb(170, 170, 170); border-bottom-style: solid; border-bottom-width: 1px; font-size: 1.6em; font-weight: normal; line-height: 1.2em; margin-bottom: 0.1em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0px; overflow-x: hidden; overflow-y: hidden; padding-bottom: 0px; padding-top: 0px; width: auto;"><span class="Apple-style-span" style="color: yellow; font-family: sans-serif; font-size: 16px; line-height: 24px;">Sejarah rekayasa perangkat lunak</span></h1><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"> <span class="Apple-style-span" style="color: lime;"> Rekayasa perangkat lunak telah berkembang sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an hingga kini. Fokus utama pengembangannya adalah untuk mengembangkan praktik dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak dan kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai.</span></span><br />
<div style="text-align: justify;"><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"><br />
</span></div><div><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"><br />
</span></div><div><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"></span><br />
<h2 style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: initial; background-image: none; background-origin: initial; border-bottom-color: rgb(170, 170, 170); border-bottom-style: solid; border-bottom-width: 1px; font-weight: normal; margin-bottom: 0.6em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0px; overflow-x: hidden; overflow-y: hidden; padding-bottom: 0.17em; padding-top: 0.5em; width: auto;"><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; line-height: 19px;"><span class="mw-headline" id="1945_-_1965:_Awal" style="color: yellow; font-size: small;">1945 - 1965: Awal</span></span></h2><span class="Apple-style-span" style="color: blue; font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"></span><br />
<div style="line-height: 1.5em; margin-bottom: 0.5em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0.4em;"><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"> <span class="Apple-style-span" style="color: lime;"> Istilah <i>software engineering</i> digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Saat itu, masih terdapat debat tajam mengenai aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak.</span></span></div><div style="line-height: 1.5em; margin-bottom: 0.5em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0.4em;"><span class="Apple-style-span" style="color: lime; font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;">Pada tahun 1968 dan 1969, komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap perkembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap bahwa dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak.</span></div><div style="line-height: 1.5em; margin-bottom: 0.5em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0.4em;"><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"><br />
</span></div><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; line-height: 19px;"></span><br />
<h2 style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: initial; background-image: none; background-origin: initial; border-bottom-color: rgb(170, 170, 170); border-bottom-style: solid; border-bottom-width: 1px; font-weight: normal; margin-bottom: 0.6em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0px; overflow-x: hidden; overflow-y: hidden; padding-bottom: 0.17em; padding-top: 0.5em; width: auto;"><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; line-height: 19px;"><span class="mw-headline" id="1965_-_1985:_krisis_perangkat_lunak" style="color: yellow;">1965 - 1985: krisis perangkat lunak</span></span></h2><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"> <span class="Apple-style-span" style="color: lime;">Pada tahun 1960-an hingga 1980-an, banyak masalah yang ditemukan para praktisi pengembangan perangkat lunak. Banyak projek yang gagal, hingga masa ini disebut sebagai <span class="Apple-style-span" style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: initial; background-origin: initial;">krisis perangkat lunak</span></span></span><span class="Apple-style-span" style="color: lime; font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;">. Kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai dari projek yang melebihi anggaran, hingga kasus yang mengakibatkan kerusakan fisik dan kematian. Salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket Ariane akibat kegagalan perangkat lunak.</span></div><div><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: x-small;"><span class="Apple-style-span" style="line-height: 19px;"><br />
</span></span></div><div><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"></span><br />
<h2 style="background-attachment: initial; background-clip: initial; background-color: initial; background-image: none; background-origin: initial; border-bottom-color: rgb(170, 170, 170); border-bottom-style: solid; border-bottom-width: 1px; font-weight: normal; margin-bottom: 0.6em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0px; overflow-x: hidden; overflow-y: hidden; padding-bottom: 0.17em; padding-top: 0.5em; width: auto;"><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; line-height: 19px;"><span class="mw-headline" id="1985_-_kini:_tidak_ada_senjata_pamungkas" style="color: yellow; font-size: small;">1985 - kini: tidak ada senjata pamungkas</span></span></h2><span class="Apple-style-span" style="color: yellow; font-family: sans-serif; line-height: 19px;"></span><br />
<div style="line-height: 1.5em; margin-bottom: 0.5em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0.4em;"><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"> <span class="Apple-style-span" style="color: lime;"> Selama bertahun-tahun, para peneliti memfokuskan usahanya untuk menemukan teknik jitu untuk memecahkan masalah krisis perangkat lunak.</span></span></div><div style="line-height: 1.5em; margin-bottom: 0.5em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0.4em;"><span class="Apple-style-span" style="color: lime; font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;">Berbagai teknik, metode, alat, proses diciptakan dan diklaim sebagai senjata pamungkas untuk memecahkan kasus ini. Mulai dari pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi object, perangkat pembantu pengembangan perangkat lunak (<i>CASE tools</i>), berbagai standar, <i>UML</i> hingga metode formal diagung-agungkan sebagai senjata pamungkas untuk menghasilkan software yang benar, sesuai anggaran dan tepat waktu.</span></div><div style="line-height: 1.5em; margin-bottom: 0.5em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0.4em;"><span class="Apple-style-span" style="color: lime; font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;">Pada tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel <i>No Silver Bullet</i>, yang berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktik yang sanggup mencapai 10 kali lipat perbaikan dalam produktivitas pengembangan perangkat lunak dalam tempo 10 tahun.</span></div><div style="line-height: 1.5em; margin-bottom: 0.5em; margin-left: 0px; margin-right: 0px; margin-top: 0.4em;"><span class="Apple-style-span" style="color: lime; font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;">Sebagian berpendapat, <i>no silver bullet</i> berarti profesi rekayasa perangkat lunak dianggap telah gagal. Namun sebagian yang lain justru beranggapan, hal ini menandakan bahwa bidang profesi rekayasa perangkat lunak telah cukup matang, karena dalam bidang profesi lainnya pun, tidak ada teknik pamungkas yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi.</span></div><span class="Apple-style-span" style="color: lime; font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"></span><br />
<div><span class="Apple-style-span" style="font-family: sans-serif; font-size: 13px; line-height: 19px;"><span class="mw-headline" id="1965_-_1985:_krisis_perangkat_lunak" style="color: lime;"> </span></span></div></div>sumar_iohttp://www.blogger.com/profile/06340897597439086721noreply@blogger.com0